Home Bank Mandiri Biaya Admin SMS Banking Mandiri Transfer Antar Bank

Biaya Admin SMS Banking Mandiri Transfer Antar Bank

0
Biaya Admin SMS Banking Mandiri Transfer Antar Bank

Transfer merupakan salah satu kegiatan yang cukup sering dilakukan. Sesuai dengan pengertiannya, transfer merupakan jasa yang diberikan oleh bank untuk memindahkan dana dalam jumlah tertentu yang ditujukan kepada penerima transferan tersebut. Masalah transfer ini tidak hanya bisa dilakukan dengan rekening di bank yang sama, tetapi juga bisa dilakukan sekalipun rekeningnya di bank yang berbeda.

Cara untuk transfer sendiri ada beberapa, yang pertama dengan melalui ATM, melalui internet maupun melalui SMS. Kegiatan transfer antar bank ini sendiri ada biayanya, dimana biaya yang dimaksud adalah biaya administrasi dan besarannya tergantung pada bank masing-masing.

 

Biaya Admin SMS Banking Mandiri untuk Transfer Antar Bank

Advertisements

Tetapi, khusus untuk bank Mandiri, proses transfer yang dilakukan melakukan SMS banking ini sama seperti ketika kita melakukan transfer melalui Mandiri internet, Mandiri Mobile maupun ATM. Biasanya besaran biaya ini adalah Rp 6.500. Tetapi untuk lebih jelasnya coba perhatikan rincian biaya admin SMS Banking Mandiri transfer antar bank bisa Anda lihat di bawah ini:

  1. Transfer Online biaya adminnya sebesar Rp 6.500
  2. Transfer antar bank via kliring biaya adminnya sebesar Rp 2.500
  3. Transfer antar bank via RTGS biaya adminnya sebesar Rp 25.000
  4. Transfer online (high value transaction) biaya adminnya sebesar Rp 15.500

Biaya administrasi di atas biasanya akan berbeda dengan biaya SMS. Untuk biaya SMS sendiri juga tergantung pada operator yang digunakan namun biasanya adalah Rp 500 saja. Ini juga yang sekaligus menjadi kekurangan SMS banking, biaya-biaya atau tarif-tarifnya cenderung lebih mahal.

Advertisements

Tips yang perlu Anda perhatikan di sini adalah jika Anda ingin melakukan transfer melalui SMS banking, maka Anda harus tahu kode bank yang dimaksud terlebih dahulu. Kemudian, pastikan juga bahwa nama, rekening penerima serta jumlah uang yang hendak dikirimkan telah ditulis dengan benar.

Dan jika kita kembali membahas tentang biaya admin di atas, harap diingat bahwa biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu ya, jadi supaya Anda tidak keliru, sebaiknya Anda mengupdate informasi biaya admin SMS banking Mandiri ini secara berkala.

 

Resiko SMS Banking

Dari segi kemudahan, memang SMS Banking Bank Mandiri maupun bank mana saja sangat memungkinkan nasabahnya untuk melakukan transfer ataupun transaksi lain dari mana saja. Hanya saja, SMS Banking juga cukup beresiko untuk terjadinya penyadapan, mengingat pin yang terkadang masih tersimpan di kotak keluar atau pesan terkirim.

Resiko yang selanjutnya adalah ada kemungkinan pihak bank tidak memberikan respon atas perintah SMS yang dilakukan sehingga nasabah tidak tahu apakah transaksinya tersebut berhasil atau justru gagal. Ini sudah pernah dialami oleh beberapa nasabah. Memang, untuk permasalahan ini nasabah bisa langsung menghubungi call center bank yang terkait.

Tetapi untuk orang-orang yang belum tahu tentang hal ini bisa saja mengasumsikan bahwa transaksinya gagal sehingga dia kemudian mengulangi lagi transaksinya. Ini jelas membuat orang tersebut harus double bayarnya.

 

 

Load More Related Articles
Load More In Bank Mandiri

Tinggalkan Balasan