Home Bank BCA Cara Mengambil Kartu ATM Yang Tertelan Mesin ATM

Cara Mengambil Kartu ATM Yang Tertelan Mesin ATM

0
Cara Mengambil Kartu ATM Yang Tertelan Mesin ATM

Sekarang ini, Automatic Teller Machine atau biasanya disingkat ATM sudah semakin tersebar ke berbagai tempat, seperti pusat perbelanjaan, minimarket, kampus, pom bensin, rumah sakit, dan sebagainya oleh pihak masing-masing bank. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan para nasabahnya untuk melakukan transaksi perbankan di ATM.

ATM tersebut bisa Anda gunakan untuk mengambil uang, mentransfer uang ke rekening lain, menyetor uang, dan masih banyak lagi tanpa harus datang ke teller bank. Meskipun menyediakan berbagai macam layanan, ATM juga sebuah mesin yang bisa saja rusak atau mengalami gangguan sewaktu-waktu, sehingga menyebabkan kartu ATM Anda tertelan.

Beberapa penyebab kartu ATM Anda tertelan adalah:

Advertisements
  1. ATM memang sedang terjadi gangguan atau rusak.
  2. Anda salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali sehingga tertelan.
  3. Listrik tempat Anda sedang menggunakan ATM tiba-tiba mati.
  4. Anda tidak mengambil kartu ATM Anda secara langsung setelah selesai bertransaksi.

Tapi, bagaimana cara mengambil kartu ATM yang tertelan mesin ATM? Sebenarnya, Anda tidak bisa mengambil kartu ATM yang sudah tertelan, karena pihak bank akan menganggapnya sebagai kartu hilang. Dengan begitu, satu-satunya cara untuk mendapatkan kartu ATM Anda kembali adalah membuat kartu ATM baru lagi.

Tapi, kalau memang saat itu sedang ada teknisi mesinnya, sebaiknya bertanyalah dan minta tolong apakah bisa diambil kembali kartu ATM Anda. Kalau memang tidak bisa, Anda harus mengurusnya ke bank bersangkutan. Di bawah ini adalah solusi untuk Anda yang kartu ATM-nya tertelan jika memang benar-benar tidak bisa diambil oleh pihak teknisinya.

Advertisements
  1. Catat waktu dan lokasi ATM yang Anda gunakan

Sebagai bukti kartu Anda tertelan ATM, sebaiknya catat waktu dan lokasi ATM yang Anda gunakan saat Anda kartu Anda tertelan. Hal itu dilakukan untuk memberikan bukti kepada pihak Customer Service bank jika mereka menanyakan waktu dan lokasi kejadian.

  1. Menghubungi Customer Service bank bersangkutan

Kalau sudah mencatat waktu dan lokasi kejadiannya, Anda bisa menghubungi customer service bank yang Anda gunakan. Mintalah mereka untuk memblokir kartu ATM Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda tidak perlu khawatir dengan tabungan Anda karena tidak terpengaruh sama sekali dengan pemblokiran kartu ATM.

Untuk memblokirnya, pihak customer service akan menanyakan beberapa hal terkait data pribadi Anda untuk menjaga keamanan para nasabahnya. Biasanya pertanyaannya terkait dengan nama Anda, nama ibu kandung Anda, dan alamat yang sudah pernah Anda berikan pada pihak bank saat mendaftar serta alasan memblokir kartu.

Kalau data sudah cocok, barulah proses pemblokiran kartu Anda dapat dilakukan.

  1. Membuat kartu ATM baru

Langkah selanjutnya adalah Anda membuat kartu ATM baru lagi dengan mendatangi kantor bank terdekat. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kembali kartu ATM Anda dan tabungan Anda.

Kartu ATM yang sudah tertelan memang tidak bisa diambil lagi dan pihak bank pasti akan menganggapnya sebagai bentuk kartu hilang. Tapi, dengan adanya pembuatan kartu baru lagi, Anda tidak perlu khawatir lagi. Tabungan yang ada pada kartu sebelumnya juga bisa dikembalikan ke kartu ATM yang baru secara utuh, jadi Anda bisa menggunakannya sama seperti kartu ATM Anda yang sebelumnya.

Load More Related Articles
Load More In Bank BCA

Tinggalkan Balasan