Home Bank BRI Syarat Pengajuan Pinjaman KUR BRI

Syarat Pengajuan Pinjaman KUR BRI

0
Syarat Pengajuan Pinjaman KUR BRI

Kredit Usaha Rakyat atau yang biasa disingkat dengan KUR adalah salah satu program dari Bank BRI. Program ini merupakan bentuk respon Bank BRI terhadap program pemerintah juga yang berupa pinjaman modal usaha.

Sebenarnya bukan hanya Bank BRI saja yang memberikan KUR ini, tetapi bank-bank yang lainnya juga. Namun, Bank BRI ini bisa kita nilai sebagai bank yang tampaknya paling siap dari bank-bank lainnya mengingat Bank BRI ini memang sangat berpengalaman dalam dalam melayani sektor pedesaan dan UKM.

Nah, kalau berbicara mengenai KUR ini, berikut ada beberapa syarat pengajuan pinjaman KUR BRI 2018 yang harus dipenuhi oleh siapa saja yang menginginkannya. Adapun beberapa syarat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki Usaha yang Produktif

Usaha yang produktif maksudnya adalah usaha yang menghasilkan barang ataupun jasa untuk memberi nilai plus serta meningkatkan pendapatan pelaku usaha. Nah yang termasuk usaha produktif ini adalah usaha-usaha yang telah berjalan setidaknya selama 6 bulan hingga 2 tahun. Jadi sudah pasti bahwa usaha produktif bukanlah usaha baru.

 

  1. Usaha tersebut Layak

Kata layak yang dimaksudkan di sini adalah usaha tersebut memberikan keuntungan sehingga mampu untuk membayar semua hutang bunga, serta mampu mengembalikan semua hutang, kewajiban pokok kredit atau pembiayaan dalam rentang waktu yang telah disepakati antara debitur KUR dan Bank Pelaksana.

Advertisements

 

  1. Belum Bankable

Artinya, calon debitur tersebut belum memenushi syarat teknis perbankan terutama untuk masalah aspek legalitas dan agunannya. Sehingga dalam hal ini apabila debitur dianggap mampu, maka debitur tersebut tidak akan memperoleh KUR tersebut.

 

  1. Tidak Sedang dalam Masa Menerima Kredit dari Perbankan

Syarat yang selanjutnya adalah calon debitur tidak sedang berada dalam masa menerima kredit perbankan. Hal ini harus diperhatikan supaya tidak terjadi overlapping pembiayaan. Kecuali jika memang kreditnya tersebut adalah kredit konsumtif seperti Kartu Kredit, KKB dan KPR.

 

  1. Syarat Administrasi

Selanjutnya, perlu diketahui bahwa ada juga persyaratan administrasi yang harus dipenuhi seperti di bawah ini:

  1. Fotocopy KTP sebanyak 2 lembar. Suami dan istri
  2. Fotocopy KK
  3. Buku nikah
  4. PBB serta STTS yang asli
  5. Tagihan listrik serta rekening telepon
  6. Surat keterangan usaha atau SKU
  7. Fotocopy dokumen jaminan
  8. Pas foto yang ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar. Suami dan istri
  9. Jika KUR yang dimaksud adalah KUR TKI, maka yang harus dilampirkan adalah KTP dan KK, perjanjian penempatan, perjanjian kerja dengan sang pengguna jasa, visa, passport serta beberapa persyaratan lain yang sesuai dengan ketentuan

Sekilas itu saja yang syarat yang perlu Anda perhatikan ketika hendak mengajukan pinjaman KUR BRI. Untuk lebih lengkap dan jelasnya, anda bisa mendatangi kantor BRI cabang yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda. Semoga bermanfaat.

 

Load More Related Articles
Load More In Bank BRI

Tinggalkan Balasan